87 Mahasiswa Perguruan Tinggi STIS Gelar PKL di Benteng

BENGKULU TENGAH – Sebanyak 87 (Delapan puluh tujuh) Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), se-Indoesia akan mengikuti program Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng).

Praktek Kerja lapangan itu nantinya akan berlangsung selama 2 Minggu kedepan. Yang mana selama berlangsungnya masa PKL untuk peserta dari Mahasiswa Perguruan Tinggi STIS ini akan menetap di Rumah Warga di masing – masing Desa.

“Jadi program PKL di Provinsi Bengkulu ini secara umum untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan atau kerisauan dari Pemerintah Provinsi Bengkulu Ketika berbicara mengenai pertumbuhan ekonomi yang tinggi, itu tidak disertai dengan penurunan harga kemiskinan,” ungkap Dosen Perguruan Tinggi Statistik Indonesia, Dr. H. Dedi Walujadi, SE, Ma, saat pelepasan peserta PKL oleh Bupati Bengkulu Tengah dan Jajarannya, Selasa (20/02/2018).

“Dan ada semacam anggapan atau asumsi, bahwa masyarakat Bengkulu ini kebanyakan memang menyimpan uang, atau perilaku menabung. Karena kebanyakan dari mereka itu masih mencari pendidikan yang lebih tinggi diluar Daerah. Dan mereka mengurangi asumsinya. Ini menjadi salah satu landasan, karena kita menggunakan pendekatan psikis untuk mengukur kemiskinan ini,” ujar Dedi.

Dedi mengatakan, dari total 87 mahasiswa yang akan mengikuti program PKL tersebut nantinya akan dibagi menjadi 21 tim. Dan setiap tim akan menyebar di 103 Desa dari 142 Desa yang ada di 10 Kecamatan di Kabupaten Benteng ini.

“Dari 142 Desa yang ada di Kabupaten ini, hanya 103 Desa yang akan digunakan sebagai tempat pendataan oleh mahasiswa perguruan Tinggi Statistik,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Bengkulu Tengah Dr. H. Ferry Ramli, SH, MH, sangat mengapresiasi program PKL dari Mahasiswa Perguruan Tinggi STIS di Kabupaten yang dikenal dengan moto “Maroba Kite Maju”.

Ia berharap, melalui data yang diperoleh oleh para Mahasiswa ini nantinya akan menjadi suatu masukan bagi pemerintah terkait kendala dan permasalahan dalam pertumbungan ekonomi dan angka kemiskinan di Kabupaten Benteng saat ini.

“Dengan adanya data tersebut nantinya, ini akan menjadi suatu masukan bagi kita Pemerintah┬áDaerah terkait data-data tentang pertumbuhan ekonomi. Selanjutnya mengetahui hal itu kami akan segera mencari solusinya,” tuturnya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi terpisah Kepala BPS Benteng, Teguh Iman Santoso, S.Si, M.Si berpesan, bagi seluruh pelajar yang menginap di sejumlah rumah warga di masing-masing desa, diharapkan agar dapat menjaga etika dan tingkah laku selama PKL berlangsung. (tim)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *