BENGKULU TENGAH – Sosialisasi Perpres 64 tahun 2020 dan Kebijakan Regulasi Turunan melalui Vidio conference oleh Kementrian Dalam Negeri, Direktur Jendral Bina Keuangan Daerah, Senin (27/7)

Bupati Bengkulu Tengah yang di wakili Asisten II Pemerintah Bengkulu Tengah Elyandes Kori,S.E., M.Si menghadiri Vidio Conference kementrian dalam Negeri bersama Kepala Dinas Sosial Nurul Iwan Setiawan, S.Sos., M.Si, Kepala dinas PMD Drs. Tomi Marisi, M.Si, Sekretaris DISKOMINFO Watiullah, S.Pd., Kabid YAN dan SDK Dr. Herry Kurniawan, dan juga Kepala BPJS Kesehatan Bengkulu Tengah Melysa Ripka A.

Dalam sosialisasi membahas tentang:
1. Peraturan Menteri Keuangan nomor 78/PMK.02/2020. Tentang pelaksanaan pembayaran kontribusi iuran peserta PBI, Iuran Peserta PBPU dan peserta BP dengan manfaat pelayanan diruang perawatan kelas III dan bantuan iuran dari pemerintah daerah.
2. Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 119 tahun 2019. Tentang pemotongan penyetoran dan pembayaran iuran jaminan kesehatan bagi kepala desa dan perangkat desa.
3. Surat Edaran Menteri dalam Negeri nomor 441/3663/SJ. Tentang Penyesuaian iuran
Jaminan kesehatan pada pemerintah daerah.

Tujuan Utama dari Perpres 64/2020 adalah memperbaiki struktur iuran dan meningkatkan kepatuhan pembayaran iuran dan relaksasi di masa pandemi covid-19.

Dalam materi yang disampaikan bahwa perpres 64/2020 menjelaskan tentang komitmen pemerintah membangun ekosistem jaminan kesehatan yang berkelanjutan dan berkeadilan, untukĀ  penyesuain jaminan JKN berlaku mulai tanggal 1 juli 2020 yqng di dasarkan pada semangat gotong royong, yang menjadi sistem prinsip jaminan sosial Nasional (SJSN).

Perubahan Nomenklatur peserta pada perpres 64/2020 untuk tahun 2021 yang berhak menerima bantuan iuran jaminan kesehatan (Skema PBI tunggal) yaitu  seluruh DTKS ditetapkan oleh kemensos  Sebagai PBI ( Non DTKS dikeluarkan dari kepesertaan PBI) dan PD pemerintah daerah yang termasuk DTKS seluruhnya beralih ke PBI JK per 1 Januari 2021.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *