BENGKULU TENGAH – Menindak lanjuti arahan Bapak Presiden Joko Widodo terkait sidang kabinet terbatas penaganan penyebaran Covid-19 atau virus corona, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Tengah (Benteng), Jumat siang (03/04/2020) menggelar rapat vicon dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Bertempat di Aula Rapat Bupati Desa Ujung Karang Kecamatan Karang Tinggi Benteng, kegiatan tersebut dilakukan untuk membahas Refokus Anggaran untuk tiga hal, yakni sebagai Penanganan Covid-19 (Virus Corona) dibidang kesehatan, dampak Ekonomi dan dampak Sosial.

“Intinya rapat yang kita lakukan ini tak lain membahas tiga hal dampak dari penyebaran covid-19. Mulai dari penaganan kesehatan, penaganan ekonomi maupun penanganan sosial,” Ujar Sekretaris Daerah Benteng, Edy Hermansyah melalui Kepala Dinas Kominfo Benteng, Budiman Efdy selaku juru bicara.

Budiman menjelaskan, salah satu dampak ekonomi dari penyebaran covid-19 salah satunya dengan disetopnya aktifitas pertambangan maupun aktifitas di bidang perkebunan.

“Misalkan pabrik karet atau pabrik sawit tutup, pastinya akan berdampak kepada pengurangan karyawan atau PHK. Dan itu salah satu cotoh dampak perekonomian,” kata Budiman.

Oleh sebab itu untuk mengaantisipasi dampak yang terjadi, Pemkab Benteng akan menyiapkan dana dari pengalihan atau pergeseran anggaran dari Dinas Kesehatan maupun Dinas terkait lainya yang sebelumnya sudah dibahas untuk membantu permasalahan tersebut.

“Inilah yang kita pikirkan. Dengan ada pergeseran atau pengalihan dana dibeberpa OPD, kedepan pemerintah bisa menyiapkan sembako bagi masyarakat yang terdampak. Namun itu baru wacana atau masukan. Mudah mudahan ini akan terealisasi. Dan masyarakat yang terdampak sedikit terbantukan,” demikian Budiman.

Adapun yang hadir dalam rapat tersebut, yakni Kepala BPBD, Badan Keuangan dan pihak maupun Kepala OPD terkait lainya. (Tim)

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *