BENGKULU TENGAH- Tingginya curah hujan sejak kemarin mengakibatkan dibeberapa Desa terdampak banjir, sehingga dengan cepat Pj Bupati Bengkulu Tengah Dr. Heriyandi Roni, M.Si bersama Ketua DPRD, Asisten, Staf Ahli Bupati dan kepala OPD terkait meninjau lokasi banjir yang berada di tiga desa yakni Desa Taba Terunjam, Desa Jayakarta dan Desa Taba Jambu. Kamis (30/06).

Pj Bupati Bengkulu Tengah selain meninjau lokasi banjir juga memberikan Bantuan Sembako secara simbolis kepada masyarakat yang terdampak banjir, ia juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada apabila terjadi banjir dan air tidak surut, maka segeralah memanfaatkan fasilitas kebencanaan seperti dapur umum tempat pengungsian yang telah disediakan.

"Ya kita dari jajaran pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah akan berupaya untuk membantu masyarakat yang terdampak Banjir akibat musibah bencana ini salah satunya dengan menyediakan dapur-dapur umum dan tempat pengungsian yang layak,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkulu Tengah Samsul Bahri, SPd., MM mengatakan ada berapa desa yang terdampak banjir yakni desa Taba Terunjam dan Jayakarta yang berada di kecamatan Talang Empat sementara satu Desa yakni desa Taba Jambu Kecamatan Pondok Kubang dan masih ada beberapa desa lagi yang terendam banjir.

Untuk mengevakuasi warga yang terdampak banjir ini tim BPBD sudah menyediakan alat-alat seperti penyediaan Tenda, Perahu, Pelampung maupun peralatan lainnya.

"Bencana alam ini tidak bisa kita hindari oleh karena itu kita hanya bisa berdoa semoga banjir ini tidak berlarut-larut dan masyarakat bisa beraktivitas seperti biasa. Sampai saat ini belum ada korban jiwa,"Demikian.


Untuk diketahui lokasi banjir yang terhimpun dari BPBD Bengkulu Tengah yakni.

1. Desa Pulau Panggung Kecamatan Talang Empat 18 rumah terendam banjir

2. Desa Jaya Karta Kecamatan Talang Empat 13 rumah terendam banjir

3. Desa Taba Terunjam Kecamatan Talang Empat 50 rumah terendam benjir

4. Desa Talang Empat Kecamatan Talang Empat 48 rumah terendam banjir

5. Desa Nakau Kecamatan Talang Empat 11 rumah terendam banjir

6. Desa Taba Jambu Kecamatan Pondok Kubang 17 rumah terendam banjir

7. Desa Sido Dadi Kecamatan Pondok Kelapa 11 rumah terendam banjir

8. Desa Dusun Baru Kecamatan Pondok Kubang 1 rumah terendam banjir

9. Desa Tanjung Heran Kec. Taba Penanjung ( Pohon Tumbang ) 4 titik (MC/OF).