BENGKULU TENGAH - Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkulu Tengah Ny. dr. Dian Heriyandi Roni melakukan kunjungan ke tempat-tempat pengrajin dan beberapa desa untuk melaksanakan program kerja PKK. Sabtu (25/6)

turut hadir mendampingi Sekretaris TP. PKK Bengkulu Tengah Ny. Yayuk Meizuar, Kadis P2AP3KB Ir. Wijaya Atmadja, M.Si., beserta jajarananya, Perwakilan Dinas Kesehatan, dan Camat serta Kades setempat.

Pada kegiatan Pelatihan Budidaya Lele Dalam Ember (Budikdamber) untuk upaya pemenuhan gizi ibu Hamil dan Balita agar terhindar dari Stunting di Desa Padang Kedeper Kecamatan Merigi Kelindang Kabupaten Bengkulu Tengah.

Pj. Ketua TP PKK dalam sambutannya menyampaikan bahwa salah satu desa yang memiliki Balita kategori Stunting adalah Desa Padang Kedeper Kecamatan Merigi Kelindang. Stunting itu sendiri merupakan masalah pertumbuhan yang harus dapat di hindari dari saat ibu Hamil, oleh sebab itu perlu adanya pengawasan yang tepat serta kontrol kehamilan yang rutin untuk memastikan keadaan janin sewaktu masih dalam kandungan.

" Stunting itu bukan masalah kesehatan saja, akan tetapi banyak lintas sektor di dalamnya. Stunting merupakan perkembangan yang kurang akibat kekurangan energi dan kalori yang kronis. Sebaiknya masyarakat harus mendapatkan edukasi yang baik tentang bahayanya Stunting bagi anak serta cara mencegah Stunting saat masih hamil." terangnya

Di tambahkan Pj. Ketua TP PKK bahwa untuk asupan yang baik dan sehat, dapat kita peroleh dengan memanfaatkan pekarangan rumah sendiri. 

" kita bisa menanam sayuran, ternak ayam, ternak ikan dan lainnya. salah satu contohnya untuk mendapatkan ikan yang segar dan sehat dapat kita lakukan dengan metode Budidaya Ikan lele dalam Ember (Budikdamber)." ungkapnya

setelah Sambutan berlangsung Pj. Ketua TP PKK Bengkulu Tengah melepaskan bibit lele secara simbolis ke ember tempat ikan lele akan di budidayakan.

Setelah itu, Pj. Ketua TP PKK Bengkulu Tengah  sekaligus juga sebagai Ketua Dekranasda beserta rombongan melakukan kunjungan untuk kegiatan pembinaan kepada Pengrajin Bambu, Pengrajin Batik dan Destinasi Wisata Kolam Pemancingan bernuansa taman serta perkebunan buah di Desa Panca Mukti Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah.

Selain itu, juga turut bergabung dengan rombongan Kabid Perindustrian Disperindagkop Bengkulu Tengah  Lusi Komariah

Kunjungan Pj. Ketua TP PKK sekaligus sebagai Ketua Dekranasda beserta rombongan di maksudkan untuk melihat potensi-potensi kerajinan serta melakukan pembinaan kepada pengrajin dan melihat potensi destinasi wisata di Kabupaten Bengkulu Tengah yang akan di tampilkan pada anjungan di Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bengkulu serta pameran Apkasi pada bulan Juli 2022 mendatang.

Salah satu yang akan di tampilkan adalah seni ukir bambu dan seni Batik Tulis yang merupakan potensi terbaik kerajinan di Kabupaten Bengkulu Tengah dan memiliki nilai seni yang tinggi sehingga di harapkan dapat memberikan penilaian terbaik dalam upaya memperkenalkan kesenian maupun budaya dari Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu kepada seluruh masyarakat Indonesia. (MC/EK)