BENGKULU TENGAH-Pj Bupati Bengkulu Tengah Dr. Heryandi Roni, M.Si sekaligus pelindung Tim Saber Pungli Pemkab Bengkulu Tengah (Benteng) sambut baik Unit Pelaksana Pungli (UPP) Provinsi Bengkulu bersama rombongan di ketuai langsung oleh Irwasda Polda Bengkulu Kombes Pol Asep Teddy, S.IK, MM. Berlangsung di Ruang Rapat Bupati (RRB) Rabu (22/06).

Pada kunjungan tim UPP Provinsi Bengkulu ini turut hadir Kapolres Bengkulu Tengah AKBP Ary Baroto S.IK MH, Waka Kapolres Bengkulu Tengah sekaligus Ketua UPP Bengkulu Tengah Januri Sutirto, SH, Kepala Kejaksaan Negeri Tri Widodo, SH.,MH, Pabung TNI Bengkulu Tengah Letkol (Inf) Abrori Abbas, S.E., M.T., para Asisten dan Staf Ahli Bupati dan kepala OPD serta undangan lainya.

Pj Bupati Bengkulu Tengah Dr. Heryandi Roni, M.Si mengatakan dengan kunjungan tim UPP Provinsi Bengkulu maka ini akan memberikan motivasi bagi tim UPP Bengkulu Tengah untuk lebih meningkatkan kinerja terkait pemberantasan pungli di Wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah. Karena menurutnya, sangat dibutuhkan pengawasan dan pencegahan supaya tidak terjadinya praktik pungutan liar didalam tubuh pemerintah khususnya instansi dan pelayanan yang bersentuhan dengan masyarakat.

"Upaya yang harus kita lakukan dalam pemberantasan pungli tersebut harus diadakannya salah satunya sosialisasi pencegahan terkait pemungutan liar yang sering menjerat para aparatur pemerintahan. Tidak hanya kalangan Pemerintah saja dilakukan sosialisasi namun juga sampai Kepala Desa dengan tujuan untuk menciptakan pemerintahan yang bebas dari pungli,"ungkapnya.


Sementara itu, dikesempatan yang sama Ketua UPP Provinsi Bengkulu Kombes Pol Asep Teddy, S.IK, MM yang juga menjabat Irwasda Polda Bengkulu dalam arahannya menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan ini untuk tetap menjalin sinergitas antara UPP Provinsi Bengkulu kepada UPP Bengkulu Tengah  agar dapat memberantas pungli dikalangan pelayanan publik. 

Lanjutnya, praktik pungutan liar telah menjadi musuh bersama dalam menghambat pelayanan pemerintah dan dapat membuat masyarakat susah. Oleh karena itu, guna menekan praktik pungli tersebut, maka dibentuklah UPP dari pemerintah pusat.

"Kunjungan ini yang pertama untuk silahturahmi dan memastikan pungli yang ada di Bengkulu tengah dapat diberantas sehingga akan menjadikan Benteng bebas dari Pungli,"demikian. (MC/OF)