Bengkulu Tengah, MC Benteng - Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah melalui Badan Keuangan Daerah (BKD) Bengkulu Tengah bekerjasama dengan Bank Bengkulu Cabang Karang Tinggi melaksanakan Sosialisasi QRIS dan Penyerahan Barcode dari Bank Bengkulu kepada OPD Kabupaten Bengkulu Tengah, yang berlangsung di Ruang Rapat Bupati (RRB). Kamis (04/07/2024). 

Hadir langsung Asisten Bidang Administrasi Umum H.Elyandes Kori, S.E.,M.Si., Perwakilan Bank Indonesia Bengkulu, Wakil Ketua Bank Bengkulu Cabang Karang Tinggi beserta jajaran, Direktur RSUD Bengkulu Tengah, Kepala OPD, Kepala Pusekesmas serta undangan lainnya. 

QRIS adalah QR Code Indonesia Standar yaitu standar QR yang digunakan untuk sistem pembayaran Indonesia yang dikembangkan oleh Bank Indonesia.

Kegiatan ini dilakukan agar OPD yang mengelola Pendapatan Asli Daerah (PAD) dapat menggunakan sistem QRIS sehingga semua kegiatan transaksi bisa dilakukan secara digital dan lebih praktis.

Dalam sambutanya Elyandes Kori menyampaikan harapannya agar sosialisasi ini tidak dibatasi hanya untuk beberapa OPD yang mengelola PAD saja.



"saya berharap kedepan sosialisasi tidak hanya dikhususkan kepada OPD tertentu, karena penerapan sistem QRIS ini tidak hanya untuk pengelolaan PAD saja, melainkan ini bisa digunakan semua kalangan untuk kegiatan transaksional"

Waka Bank Bengkulu Cabang Karang Tinggi, Edi dalam sambutanya menyampaikan sosialisasi ini adalah wujud dukungan dari Bank Bengkulu kepada Pemkab Bengkulu Tengah dalam upaya perluasan digital diwilayah Bengkulu Tengah.

Perwakilan Bank Indonesia Bengkulu, Intan mengapresiasi karena Bengkulu Tengah menjadi Kabupaten Pertama di Provinsi Bengkulu yang menggelar sosialisasi QRIS dan Bengkulu Tengah adalah Kabupaten yang memiliki Kartu Kredit Pemerintah Daerah setelah Provinsi dan Kota.

 
"Digitalisasi Pemerintah Daerah tidak hanya perihal penerimaan transaksi menggunakan QRIS, EDC atau ATM melainkan transaksi belanja yang juga menggunakan sistem tersebut seperti belanja ATK, Tiket Perjalanan Dinas dan lainnya"

Setelah sosialisasi kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan QR Code Kepada OPD terkait. (MC/BDR).

20