JAKARTA- Dalam upaya penguatan arah kebijakan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Nasional sekaligus mendorong instansi Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah dalam penggunaan aplikasi SPBE tersebut, Pj Bupati Bengkulu Tengah Dr. Heryandi Roni, M.Si didampingi Kepala Dinas Kominfotik Rahmat Apriadi, S.STP., M.E Menghadiri acara Forum SPBE Summit 2023 yang diadakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Republik Indonesia.

Dengan mengusung tema "Sinergi Untuk Indonesia Maju. Berlangsung di Kempinski Grand Ballroom Jakarta yang di ikuti oleh seluruh Pimpinan Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah," Senin 20/03).

Acara tersebut di hadiri empat menteri diantaranya Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas yang akan menyampaikan arah strategis SPBE Nasional, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut B. Pandjaitan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dan Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki.

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas menyampaikan di era digitalisasi saat ini sangat penting dalam menjalin kolaborasi dan komunikasi secara komprehensif antar instansi dalam penerapan SPBE sekaligus untuk mendorong percepatan pelaksanaan SPBE yang terpandu dan berkesinambungan.

"Pelaksanaan kegiatan ini adalah menindaklanjuti pasal 70 peraturan presiden nomor 95 tahun 2028 tentang SPBE. Dalam menerapkan SPBE dikalangan instansi Pemerintah pusat dan Daerah sehingga melalui SPBE SUMMIT 2023 untuk menuju tematik layanan digital dan interoperabilitas Aplikasi melalui Pemanfaatan Arsitektur,"imbunya.

SPBE Summit 2023 juga menjadi kesempatan mewujudkan SPBE yang terpadu dan berkesinambungan sesuai dengan Peraturan Presiden No. 95/2018 tentang SPBE dan Peraturan Presiden No. 132/2022 tentang Arsitektur SPBE.

"Kita hari ini akan memberikan anugerah sebagai bentuk apresiasi terhadap pemerintah pusat dan Daerah dalam menerapkan aplikasi dengan baik,"ungkpannya.

Sementara itu, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut B. Pandjaitan mengatakan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Menpan RB atas terselenggaranya kegiatan ini tentang penerapan aplikasi SPBE. Melalui ajang ini juga diharapkan dapat mendorong sinergi antar instansi pemerintah dalam mewujudkan kedaulatan digital di Indonesia.

"Pemerintah juga mempertegas moratorium pembangunan aplikasi dan mengutamakan peningkatan efektivitas pemanfaatan aplikasi yang telah beroperasi. Antar-instansi pemerintah memperkuat konsolidasi aplikasi menjadi Platform Digital Terpadu, baik di internal maupun antar instansi pusat dan daerah,"demikian (MC/OF).

 

20