Bengkulu,MC Benteng - Penjabat Bupati Bengkulu Tengah Dr. Heriyandi Roni, M.Si beserta Sekretaris Daerah Drs. Rachmat Riyanto, S.T., M.AP., menghadiri kegiatan Forum Koordinasi Penilaian Pemerintah Provinsi Bengkulu terhadap kinerja Kabupaten/Kota dalam pelaksanaan 8 (delapan) Aksi korvergensi percepatan penurunan Stunting di Provinsi Bengkulu tahun 2023. Rabu (24/05/2023)

Kegiatan di awali dengan penilaian dan peninjauan Stan pameran setiap Kabupaten oleh Tim Penilai. Selanjutnya di lakukan pemaparan langsung oleh Ketua TPPS Kabupaten/Kota Se-Provinsi Bengkulu.

Dalam pemaparannya Pj.  Bupati Bengkulu Tengah Heri Roni menjelaskan bahwa Eksisting Stunting di Bengkulu Tengah menurun drastis hingga 4,3 % yang sebelumnya pada tahun 2021 Persentase mencapai 25,5 % hingga menjadi 21,2% pada tahun 2022, sementara itu untuk tahun 2023 Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah akan terus melaksanakan dan mengoptimalkan (8) Delapan Aksi Konvergensi Stunting.

" Pemerintah Daerah telah berupaya dan bersinergi dengan semua stakeholder dalam melaksanakan program nasional percepatan penurunan Stunting. Adapun salah satu yang telah dilaksanakan adalah membentuk Rumpes (Rumah Pangan Entas Stunting) yang di pergunakan untuk menampung bantuan bahan pokok seperti Beras, Susu, Ikan maupun sayuran dari swadaya masyarakat, bantuan dari CSR serta beberapa kbantuan dari OPD terkait untuk dapat di berikan kepada masyarakat Locus Stunting di Kabupaten Bengkulu Tengah. Di harapkan nantinya  Program-Program yang telah terlaksana maupun akan di laksanakan dapat berjalan dengan baik sehingga memberikan persentase terbaik bagi daerah, Provinsi maupun Nasional," jelasnya

Sementara itu Wakil Gubernur Bengkulu H. Rosjansyah  dalam sambutannya memberikan apresiasi yang sangat baik kepada Ketua TPPS Kabupaten/Kota bersama timnya yang telah bekerja keras dalam mempercepat Penurunan Stunting di Provinsi Bengkulu.

" Meski angka Stunting di Provinsi Bengkulu telah tembus di bawah persentase Nasional, akan tetapi tugas kita adalah menjadikan persentase Stunting jadi 14% harus semakin di perjuangkan. Kerja sama seluruh instansi vertikal maupun stakeholder lainnya sangat di butuhkan, terutama kolaborasi yang kuat antara pemerintah Provinsi Kabupaten/Kota maupun instansi lainnya. Untuk itulah perlu adanya penilaian kinerja bagi Kabupaten/Kota terhadap 8 (delapan) Aksi Konvergensi Stunting tersebut. Sehingga kita dapat menunjukkan semangat yang tinggi untuk memperoleh nilai terbaik  demi menjadikan masyarakat di Provinsi Bengkulu sehat, bergizi tanpa ada yang mengalami  Stunting," terangnya 

Selanjutnya, Sekretaris Daerah Bengkulu Tengah Rachmat Riyanto melakukan penandatanganan komitmen bersama percepatan penanganan penurunan stunting di Provinsi Bengkulu bersama Wakil Gubernur Bengkulu serta Ketua TPPS Kabupaten/Kota sekaligus Wakil Bupati/Wali Kota Se-Provinsi Bengkulu serta beberapa Instansi Vertikal lainnya. Dan untuk kita ketahui bersama Kabupaten Bengkulu Tengah memperoleh peringkat ke-4 dengan kategori Harapan ke-1 dalam penilaian 8 (delapan) Aksi Konvergensi Stunting dari 10 Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu. (MC/Tim)

20