Bengkulu, MC Benteng - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Tengah melalui Kepala BAPPEDA Bengkulu Tengah Dra.Hj.Yuhana, M.M menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) pada Penyusunan  Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Provinsi Bengkulu tahun anggaran 2025 di Ballroom Grage Hotel Bengkulu. Senin (1/4/2024). 

Musrenbang penyusunan RKPD Provinsi Bengkulu tahun 2025 di buka secara resmi oleh Gubernur Bengkulu Prof. Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, MMA., di dampingi Wakil Ketua II DPRD Provinsi Bengkulu H. Suharto, S.E., M.BA., Kepala BPSDM Kementerian dalam negeri Dr. Sugeng Hariyono, M.Pd., Direktur Pendanaan Multilateral Kementerian Bappenas RI Agustin Arry Yanna, SS, MA

Turut Hadir jajaran Forkopimda Provinsi Bengkulu, Bupati/Walikota Se-Provinsi Bengkulu, Instansi Vertikal, serta undangan lainnya. Turut hadir secara zoom Deputi Bidang Pendanaan Pembangunan BAPPENAS Scenaider Clasein Hasudungan Siahaan.

Acara Musrenbang diawali dengan pemaparan laporan pelaksanaan kegiatan Musrenbang RKPD Tahun 2025 Provinsi Bengkulu oleh Kepala BAPPEDA Provinsi Bengkulu Hj. Yuliswani, SE., MM., Dalam laporannya terdapat 5 program yang menjadi prioritas dalam pembangunan Provinsi Bengkulu, diantaranya Percepatan Pengentasan Kemiskinan, Peningkatan Kualitas SDM Berdaya Saing, Pengembangan Infrastruktur Berkelanjutan, Penguatan Ketahanan dan Transformasi Ekonomi, Inovasi, Tata Kelola Pemerintah, dan Pengembangan Pariwisata yang Integratif, Kompetitif, dan Ekonomi Kreatif.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua 2 DPRD Provinsi Bengkulu, Bapak Suharto, menyoroti pentingnya dukungan dari pusat untuk mewujudkan pembangunan di Provinsi Bengkulu.

"Musyawarah Provinsi Bengkulu ini merupakan momentum strategis untuk menentukan arah pembangunan tujuan dan sasaran pencapaian visi-misi Provinsi Bengkulu. Pelaksanaan musrenbang dalam penyusunan RKPD tahun 2025 merupakan salah satu agenda prioritas nasional dan terkait dengan proses perencanaan pembangunan daerah di seluruh Indonesia, khususnya di Provinsi Bengkulu".

Sementara itu Gubernur Provinsi Bengkulu, Rohidin Mersyah, menyambut baik kegiatan Musrenbang ini sebagai momentum untuk menyampaikan masukan, saran, pendapat, dan aspirasi dari berbagai unsur terkait serta pertemuan ini merupakan agenda rutin tahunan yang bermakna strategis dan makna hukum dalam sistem pemerintahan yang dihadiri secara berjenjang oleh semua elemen pemangku kepentingan yang bertujuan agar program yang direncanakan dapat memenuhi harapan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bengkulu. Gubernur juga memberikan Penghargaan Pembangunan Daerah kepada Kabupaten Bengkulu Selatan meraih Kabupaten Terbaik I, Kabupaten Muko-muko meraih Kabupaten Terbaik II, dan Kabupaten Lebong meraih Kabupaten Terbaik III yang telah berhasil melakukan perencanaan dan pencapaian daerah tingkat kabupaten.

"sangat dibutuhkan intervensi khusus kebijakan dari kementerian lembaga agar persoalan mendasar di Provinsi Bengkulu dapat diurai atau diselesaikan dengan baik."

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Deputi Bidang Pendanaan Pembangunan BAPPENAS Scenaider C.H Siahaan, Kepala BPSDM Kemendagri Sugeng Hariono, dan Direktur Pendanaan Multilateral Kementerian BAPPENAS RI Agustin Arry Yanna, yang membahas data dan saran dalam pembangunan di wilayah Bengkulu, serta diskusi panel peserta Musrenbang. Demikian (MC/BDR).

20