Bengkulu Tengah, MC Benteng - Pemerintah Daerah Bengkulu Tengah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pembinaan PAUD dan PNF Kabupaten Bengkulu Tengah melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek)Peningkatan Kapasitas Penyelenggaraan Pengembangan Anak Usia Dini (PAUD) Holistik Integratif (HI) tahun 2023.

Kegiatan Bintek di buka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Drs. Rachmat Riyanto, S.T., M.AP., bertempat di Aula Dianty Hotel Kecamatan Pondok Kelapa. Senin (18/9/2023)

Tampak hadir Waka II DPRD Bengkulu Tengah Evi Susanti, S.IP., M.AP., Ketua DWP Dr. Susilo Dharmarini Rachmat, Plt Kadis Dikbud Edon Siregar, M.Pd,. Kabid PAUD dan PNF Nurjanah, S.Sos., dan jajaran lainnya.

Sekretaris Daerah Rachmat Riyanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dari Bimtek ini adalah untuk memperluas dan meningkatkan akses serta mutu layanan PAUD di Kabupaten Bengkulu Tengah, sehingga dapat terpantau secara terpadu, holistik dan integratif.

" Kami dari pemerintah daerah mendukung program-program yang  akan  meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan dan gizi, pengasuhan maupun perlindungan bagi anak usia dini. Pencegahan dan penurunan angka stunting  merupakan salah satu faktor penting bagi penentuan kesehatan serta gizi anak usia dini, sehingga perlu adanya keseimbangan antara kesehatan, gizi maupun kualitas layanan pendidikan yang di berikan," jelasnya

Sementara itu, Waka II DPRD Evi Susanti mengharapkan  kepada seluruh jajaran pemerintahan maupun jajaran lainnya untuk dapat saling bersinergi dalam pencegahan Stunting di Kabupaten Bengkulu Tengah. Selain itu peran serta Bunda Paud di desa-desa menjadi faktor penting dalam pengawasan terhadap anak usia dini. 

" Saya ingin kita selalu aktif dalam berperan di masyarakat. Kita juga harus selalu  berinisiatif dan aktif dalam menindaklanjuti permasalahan-permasalahan yang ada di desa tehadap PAUD maupun PNF agar dapat menjadikan anak-anak usia dini untuk siap menjadi penerus bangsa yang hebat," ungkapnya

Kadis Dikbud Bengkulu Tengah Edon Siregar mengungkapkan bahwa kegiatan peningkatan kapasitas penyelenggaraan PAUD-HI ini di ikuti oleh 124 orang dari perwakilan setiap satuan pendidikan PAUD seluruh Kecamatan di Kabupaten Bengkulu Tengah.

" Ada 124 orang peserta yang ikut, Bimtek ini di harapkan dapat menjadi pembelajaran bagi guru-guru paud agar dapat memberikan  pengembangan anak secara Holistik Integratif," pungkasnya.

Setelah di buka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Bengkulu Tengah, kegiatan dilanjutkan dengan bimtek yang di sampaikan oleh beberapa orang Fasilitator dan  berlangsung selama tiga hari dari tanggal 18 September hingga 20 September 2023. Demikian (MC/EK)

20