BENGKULU TENGAH- Dalam rangka memperkuat pelayanan publik Ombudsman RI Perwakilan Bengkulu melaksanakan Coaching Clinic kepatuhan terhadap penyelenggaraan Pelayanan Publik Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah. Berlangsung di Mall pelayanan publik (MPP) Desa Nakau Kecamatan Talang Empat Selasa (11/07).
Acara tersebut di buka oleh Sekretaris Daerah Drs. Rachmat Riyanto, ST.,M.AP. hadir langsung Kepala Perwakilan Ombudsman Bengkulu, Herdi Purwanto, SH, kepala OPD terkait dan Puskesmas serta undangan lainnya.
Sekda Bengkulu Tengah Rachmat Riyanto dalam arahannya menyampaikan, dengan adanya kerjasama antara Pemkab Bengkulu Tengah dengan Ombudsman Perwakilan Bengkulu dapat memperkuat pelayanan terhadap masyarakat sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku.

"Ya tujuan kegiatan ini untuk memperkuat pengelolaan pengaduan pemerintah daerah, yang merupakan strategi Ombudsman untuk membina petugas pengelolaan pengaduan agar lebih profesional dalam melayani masyarakat,"ungkapnya.
Lebih lanjutnya, dengan adanya kegiatan ini harus menanamkan komitmen yang kuat dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik terkhusus pada kualitas pengelolaan pengaduan. Tentunya kepala OPD harus berperan penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan.

"Tahun 2022 yang lalu Bengkulu Tengah mendapatkan nilai 64 persen oleh karena itu, saya berharap kepada semua OPD terkait tahun ini dan seterusnya dapat meningkatkan pelayanan dengan target menimal 80-90 persen sehingga nilai Kabupaten Bengkulu Tengah otomatis akan naik",pungkasnya.
Sementara itu, Kepala Perwakilan Ombudsman Bengkulu, Herdi Purwanto menjelaskan bahwa program yang dilaksanakan hari ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik. Oleh karena itu Ombudsman wajib ikut mendorong pelayanan publik ke arah perbaikan yang terus menerus agar mampu memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat.
"Kita berharap pelayanan publik Khususnya di Bengkulu Tengah kedepannya dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,"imbuhnya.

Penilaian dan Kepatuhan Penyelenggaraan pelayanan publik merupakan salah satu upaya Ombudsman RI dalam menjalankan tugas dan fungsinya khususnya dalam memberikan informasi standar pelayanan yang menjadi tolak ukur bagi Kementerian/Lembaga dalam menyelenggarakan pelayanan publik.
Melalui kegiatan Coaching clinic hari ini kita berharap pada saat dilakukan penilaian pelayanan publik nanti, OPD yang berkaitan dengan pelayanan akan mendapatkan nilai yang bagus, karena tahun lalu hanya Dukcapil yang mendapatkan nilai terbaik", tutupnya. (MC/OF)
20
Login Form
Silahkan login dengan mengisi informasi dibawah iniRegistrasi Akun