Bengkulu Tengah, MC Benteng – Dalam rangka stabilisasi harga pangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Tengah bersama Pemerintah Provinsi Bengkulu serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bengkulu menggelar pasar murah di Eks Terminal Desa Pasar Pedati Kecamatan Pondok Kelapa. Selasa (06/02/2024).

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Gubernur Provinsi Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah, turut hadir Sekda Pemkab Bengkulu Tengah Drs. Rachmat Riyanto S.T., M.AP., Kepala Disperindag Provinsi Bengkulu Ir. Yenita Syaiful, M.Si., OPD Pemprov Bengkulu, OPD Pemkab Bengkulu Tengah, Camat Pondok Kelapa, Kades, Distributor dan UMKM serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya Kepala Disperindag Provinsi Bengkulu menyampaikan bahwa kebutuhan pokok merupakan kebutuhan dasar manusia yang sepenuhnya jadi hak asasi setiap rakyat Indonesia, apabila kebutuhan pokok kita tersedia dengan cukup maka dapat memberikan perlindungan bagi kepentingan kesehatan serta memberikan kemakmuran dan kesejahteraan.

“saat ini harga kebutuhan pokok sehari-hari cenderung meningkat seperti beras, minyak goreng, gula pasir, cabe merah, bawang merah, daging ayam ras dan telur hal ini disebabkan tidak seimbangnya antara ketersediaan dan kebutuhan masyarakat yang akhirnya berdampak pada meningkatnya angka inflasi seperti yang terjadi saat ini di provinsi bengkulu sebagai upaya mengatasi masalah itu pemerintah hadir dengan kegiatan pasar murah ini, dengan harapan bisa membantu masyarakat khususnya masyarakat trans sejahtera dengan memenuhi kebutuhan bahan pokok dengan harga relatif lebih murah dari harga pasar”.

Gubernur Provinsi Bengkulu dalam sambutannya menyampaikan kebijakan melaksanakan pasar murah ini secara nasional sudah dilaksanakan secara berjenjang pemprov dan kabupaten/kota juga melakasanakan.

“Awalnya kita lakukan di Pasar Pedati Kecamatan Pondok Kelapa ini, bersamaan dengan akan datangnya bulan Ramadhan kita juga akan menggelar Pasar Murah ini di 9 Kabupaten dan 1 Kota, saya kira program yang sama juga diterapkan oleh Bupati Bengkulu Tengah beserta jajaran karena ini terkait upaya kita mengendalikan inflasi sehingga harga bahan pokok bisa kembali terjangkau oleh masyarakat”. Ungkapnya

Sekda Bengkulu Tengah menambahkan tanggapan terkait penggelaran pasar murah ini, pemkab benteng sangat menyambut baik kegiatan ini, dan ini merupakan kegiatan pertama yang diadakan di Provinsi Bengkulu.

“Kita juga sudah menyiapkan program yang sama yang akan kita gelar di beberapa titik di Kabupaten Bengkulu Tengah ini Jelang bulan Ramadhan nanti dan kita akan berusaha menekan angka inflasi kita, terimakasih kepada pak Gubernur yang sudah menyempatkan hadir sekaligus membukanya secara resmi di Kabupaten Bengkulu Tengah ini”

Sebelum menghadiri kegiatan pasar murah di Pasar Pedati, Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah dan Sekretaris Daerah Bengkulu Tengah Drs. Rachmat Riyanto, S.T.,M.AP turut menghadiri Pembukaan dan agenda jalan santai “PAWAI NYFEST” di SMAN 3 Bengkulu Tengah dalam rangka HUT Ke-32 SMAN 3 Bengkulu Tengah. Demikian (MC/BDR).

20