BENGKULU TENGAH -dalam rangka mengantisipasi bencana alam seperti terjadinya banjir, longsor pohon tumbang dan bencana alam lainnya maka Polres Bengkulu Tengah dan instansi terkait menggelar rapat koordinasi (Rakor) kesiapan dan Penanggulangan bencana alam di wilayah kabupaten Bengkulu Tengah.

Rakor tersebut dipimpin langsung oleh Waka Polres Bengkulu Tengah Kompol Januri Sutirto, S.H Bertempat di Ruang Serbaguna Polres Bengkulu Tengah Senin pagi (25/10).

Turut hadir Kepala Basarnas Bengkulu Ibnu Harris Al Hussain,
Pabung TNI Bengkulu Tengah Letkol (Inf) Abrori Abbas, S.E., M.T,. S.Si. kepala BPBD Bengkulu Tengah Samsul Bahri S.Pd.,M.M. dan kepala OPD terkait serta Camat.

Waka Polres Bengkulu Tengah Kompol Januri Sutirto, S.H mengatakan tujuan rakor ini untuk selalu siap siaga dalam menghadapi bencana alam, mengingat sampai saat ini sering terjadi bencana alam akibat tingginya curah hujan sehingga menyebabkan banjir, longsor dan pohon tumbang di beberapa Kecamatan di wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah. Maka oleh karena itu diperlukan kesiapan personel dan peralatan dari semua pihak yang terkait dan juga sekaligus memberikan himbauan kepada masyarakat agar selalu siap siaga apabila terjadi bencana alam.

“Melalui rakor ini mari kita selalu tengakkan kerja sama yang kuat baik dari TNI-Polri, instansi terkait, stakeholder maupun masyarakat apabila terjadinya bencana alam maupun musibah lainya,”ungkapnya

Lanjut Waka Polres melalui rakor ini akan didirikan posko siaga bencana di daerah-daerah yang rawan terjadi bencana sehingga ketika terjadi bencana alam nantinya semua personel maupun alat-alat sudah siap untuk melakukan evakuasi korban.

“Nanti akan kita dirikan posko siaga bencana di wilayah kabupaten Bengkulu Tengah sehingga dapat memberikan pelayanan semaksimal mungkin untuk memberikan pertolongan ketika terjadi bencana,”tutupnya

Sementara itu, Kepala Basarnas Bengkulu Ibnu Harris Al Hussain, S.Si. menjelaskan terkait sering terjadinya bencana di beberapa wilayah salah satunya di kabupaten Bengkulu Tengah ini merupakan suatu peristiwa yang menganggu kehidupan masyarakat. Baik faktor alam maupun faktor non alam. Maka untuk bisa mengatasi permasalah ini salah satunya perlu kerja sama antar sesama.

“Saya berharap masyarakat di kabupaten Bengkulu Tengah tanggap terhadap bencana, jadi apabila terjadi bencana sudah bisa mengatasi sebelum pertolongan dari pemerintah datang, terkait akan di bentuknya posko siaga bencana itu sangat bagus, namun yang perlu diperhatikan letaknya aman dekat dengan lokasi terjadinya bencana dan akses jalan nya lancar “Kami Basarnas provinsi Bengkulu siap membantu apabila terjadi bencana,”tutupnya

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *