BENGKULU TENGAH – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah menyelenggarakan pelatihan tata kelola keuangan BUMdes di Aula Kantor Bupati Bengkulu Tengah Selasa (6/4).

Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari 06 s/d 08 April 2021.  Untuk Hari ini ada 5 Kecamatan yang mengikuti  yaitu Kecamatan Karang Tinggi, Kecamatan Taba Penanjung, Talang Empat, Semidang Lagan dan Pematang Tiga. Kegiatan pelatihan dibuka secara resmi oleh Asisten III Mun Gumiri, S.IP.,M.H dan bertindak sebagai narasumber dari BPKP Provinsi Bengkulu  Nur Sonne Syamsiyah.

Semenjak disahkannya undang – undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, desa memiliki kewenangan untuk mandiri dan bisa menghasilkan pendapatan sendiri. Banyak hal yang bisa dilakukan oleh sebuah desa untuk mendapatkan pendapatan sendiri, salah satunya adalah dengan mendirikan BUMdes.

Bupati Bengkulu Tengah Dr.H.Ferry Ramli, S.H.,M.H melalui Asisten III Mun Gumiri, S.IP.,M.H menyampaikan kepada peserta  bahwa pelatihan ini patut untuk diikuti karena dengan mengikuti pelatihan ini maka dapat mengembangkan BUMdes. BUMdes ini mencakup bagaimana membangun dan menguatkan sebuah BUMdes baik dari sisi tata kelola BUMdes maupun dari sisi penyusunan laporan keuangan BUMdes itu sendiri.

“ Pendirian dan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa adalah perwujudan dari pengelolaan ekonomi produksi desa yang dilakukan secara kooperatif, partisifatif, emansifatif, transparansi, akuntabel dan sustaniabel oleh karena itu perlu upaya serius untuk menjadikan pengelolaan BUMDes  hingga dapat berjalan secara mandiri, efektif, efisien dan professional.”  Jelasnya

Tambahnya, pertumbuhan Bumdes ini harus menjadi pilar terdepan untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya sendiri. Pembangunan Ekonomi bukan dari kota ke desa melainkan harus mengembangkan dari desa ke kota, itu yang disebut dengan ekonomi kerakyatan.

Sementara itu Nur Sonne Syamsiyah dari BPKP Provinsi Bengkulu mengatakan pelatihan penyusunan keuangan pada BUMdes, yang merupakan amanah dari Permendes nomor 4 tahun 2015 pasal 31 bahwa pelaksanaan operasional harus melaporkan pertanggungjawaban. Di PP yang terbaru PP 11  2021 pasal 58 lebih jelas lagi dinyatakan bahwa pelaksana wajib menyiapkan laporan berkala yang memuat pelaksanaan program BUMDes secara berkala  tiap semester.

“Untuk itu hari ini, kami memenuhi amanah tersebut yaitu untuk proses akuntabilitas atau proses pertanggung jawaban yang harus dilaksanakan oleh BUMdes. Melakukan penyusunan penyusunan keuangan, semoga hari ini bisa optimal melaksanakan pelatihan sehingga BUMdes dapat melakukan penyusunan laporan keuangan sesuai standar. jelasnya

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *