JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka gelaran Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Otonomi Expo 2021 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (20/10/2021).

Presiden Jokowi didampingi Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. serta hadir Ketua Umum APKASI Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Kemudian di saksikan secara Zoom dari exhibition hall A Senayan , Jakarta oleh Seluruh Bupati yang hadir.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik dilaksanakannya APKASI Expo 2021.

“Pasalnya gelaran ini bisa menjadi ajang memperkuat kerja sama perdagangan antardaerah dan juga untuk memperkuat ekspor kita ke negara-negara lain termasuk perluasan pasar-pasar ekspor baru,” ucapnya.

Presiden RI juga mengingatkan pemerintah daerah untuk tidak melupakan pasar dalam negeri saat memperluas jangkauan ekspornya.

“Jangan lupakan pasar dalam negeri yang sangat potensial dan besar karena jumlah penduduk kita 270 juta dan kelas menengahnya betutumbuh pesat. Ini yang harus menjadi peluang memperkuat industri dalam negeri kita jangan sampai pasar besar kita ini diambil produk negara lain,” tutup Presiden Jokowi.

Sementara itu, Ketua Umum APKASI Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah berkenan meresmikan pembukaan acara ini.

“Kami ucapkan terima kasih atas kesediaan bapak membuka APKASI Otonomi Expo 2021. Ini langkah Presiden sebagai bentuk dukungan kepada daerah dan pelaku usaha daerah dan nasional untuk berkembang dan terhubung satu sama lain,” ucap Sutan Riska.

Pameran APKASI Otonomi expo 2021 akan berlangsung selama 2 hari yaitu tanggal 20 Hingga 21 Oktober 2021 yang bertempat diexhibition hall A Senayan Jakarta. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya APKASI Otonomi Expo tahun 2021 ini hanya terdapat 70 stan pameran dari 500 lebih Kabupaten seluruh Indonesia, itu semua di sebabkan karena pandemi covid-19 ini. Panitia acara melaksanakan acara dengan protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat yaitu Pengunjung Pameran dibatasi dan harus Swab antigen sebelum masuk.

Kabupaten Bengkulu Tengah memiliki stan tersendiri di antara 70 stan daerah yang ada, dengan adanya stan itu Kabupaten Bengkulu Tengah dapat mempromosikan makanan, minuman, serta berbagai macam Kerajinan khas daerah agar dapat di perkenalkan kepada seluruh masyarakat.

Bupati Bengkulu Tengah Dr. H. Ferry Ramli S.H., M.H., mengucapkan terima kasih kepada Bapak Menteri dalam negeri (Mendagri) Tito Karnavian yang telah mampir di stan kabupaten Bengkulu Tengah dan seluruh pengunjung lainnya untuk melihat makanan, minuman serta kerajinan dari kabupaten Bengkulu Tengah serta terima kasih kepada Semua Kepala OPD yang telah membantu serta turut andil di acara APKASI Otonomi Expo 2021 ini.

” saya berharap Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu lebih dapat di kenal oleh masyarakat indonesia serta produk-produk UMKM dapat terangkat dengan baik sehingga nantinya dapat menaikkan perekonomian daerah” tutup Bupati Ferry

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *