BENGKULU TENGAH– Menindaklanjuti Surat Badan Pengembangan dan Informasi Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Kementerian Desa Republik Indonesia dengan Nomor 539/PR.00.02/XII/2021 dalam rangka permintaan fasilitasi pelaksanaan review dan updating dokumen rencana pembangunan kawasan perdesaan, dimana salah satu rangkaian kegiatan yakni Focus Group Discussion (FGD).

Acara tersebut berlangsung di Aula Hotel Puncak Tahura Kecamatan Pondok Kubang Kabupaten Bengkulu Tengah Kamis pagi (16/12).

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan sekaligus selaku penanggung jawab tim koordinasi pembangunan kawasan perdesaan Kabupaten Bengkulu Tengah Elyandes Kori, SE.,M.Si mengatakan sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) terkait dengan kawasan perdesaan agrowisata prioritas skala Nasional, sehingga nantinya pembangunan kawasan perdesaan akan semakin merata.

Sebagai mana di ketahui kesenjangan wilayah yang terjadi di Indonesia dan mendorong pemerintah pusat untuk tidak hanya pembangunan dalam perkotaan namun juga memperhatikan pembangunan di kawasan perdesaan. Oleh karena itu ketimpangan pembangunan ini tentu saja akan mengurangi distribusi dan alokasi sumber daya manusia.

“kepada Kepala OPD terkait, Camat maupun Kepala Desa yang terlibat dalam pembangunan kawasan perdesaan ini agar dapat berdiskusi sehingga desa-desa yang masih bermasalah tersebut dapat di selesaikan sesuai yang kita harapkan,”ucapnya.

lanjutnya, kawasan yang dapat ditetapkan sebagai kawasan perdesaan dan batas suatu wilayah merupakan suatu perencanaan terpadu sehingga hal ini memiliki kesamaan potensi yang merupakan bagian kabupaten/kota.

“Dalam penetapan kawasan perdesaan ini maka perlu diperhatikan beberapa hal yakni kegiatan pertanian, pengelolaan sumber daya alam, tempat pelayanan pedesaan, sosial ekonomi, nilai strategis dan prioritas kawasan serta keserasian pembangunan antar kawasan dalam wilayah Kabupaten itu sendiri”, jelasnya.

“Sementara di kabupaten Bengkulu Tengah ada 5 desa kawasan yang berada di wilayah Kecamatan Pondok Kelapa yakni Desa Sri Katon, Desa Sri Kuncoro, Desa Pasar Pedati, Desa Panca Mukti dan Desa Pekik Nyaring,”Demikian.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *