Bengkulu Tengah – Bertempat di Balai Sindu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Benteng menyelenggarakan “Bimbingan Teknis Permodalan bagi UMKM Bengkulu Tengah” (09/08/2018).

Acara ini dibuka langsung oleh Bupati Bengkulu Tengah Dr. H. Ferry Ramli ,SH. MH. Yang juga disaksikan oleh kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bengkulu dan kepala pemasaran Bank Bengkulu serta peserta yang mengikuti bimbingan tersebut.

Dalam sambutannya, Bupati Bengkulu Tengah menyampaikan bahwa ini adalah langkah yang strategis bagi usaha kecil menengah untuk memajukan usahanya. Namun kita harus mengikuti dan mematuhi peraturan yang telah disampaikan.

Selain bimbingan teknis dan informasi usaha, TPAKD juga memberikan layanan akses pembiayaan melalui kerjasama dengan perbankan untuk membantu perekonomian dan membantu para pelaku UKM terutama yang masih pemula dalam mengidentifikasi kondisi usaha, mengetahui permasalahan yang dihadapi dan mencari solusi bagi pemecahan masalah.

“Bagi yang menggunakan jasa pinjaman lunak dan lainnya agar betul- betul di manfaatkan untuk meningkatkan usaha karena kita ada Bank Bengkulu yang membantu kita” kata Bupati.

Direktur pemasaran Bank Bengkulu Ir. Eksir, MM yang hadir dalam acara bimtek tersebut dalam sambutannya menyampaikan, di awal tahun kita sudah membentuk program pinjaman yang di beri nama “Bank Bengkulu Program Bina Lingkungan (Babe Probiling)”. Yang dananya telah dikucurkan sebesar 3.5 milyar dengan suku bunga 3.5 % (persen).

Dia juga mengatakan, dana pinjaman ini berlaku untuk usahawan, para pengusaha dan usaha baru dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Namun, sampai saat ini dana itu sangat sedikit yang tersalur. Sampai bulan Juli ini hanya 400 juta. Ini sangat jauh dari target yang diharapkan.

Untuk diketahui masyarakat Benteng sampai saat ini ada 4 (empat) nasabah yang meminjam dengan jumlah pinjaman 10 juta per orang. Harapannya kedepan supaya lebih banyak lagi yang meminjam dana Babe Probiling untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi bisnisĀ  perdagangan. (Saf)

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *