Sebagai Mitra Kerja Daerah, Pemkab Benteng Akan Bentuk Dewan Riset Daerah

BENGKULU TENGAH – Menindaklanjuti instruksi Dewan Riset Nasional (DRN), Dewan Riset Provinsi Bengkulu dalam waktu dekat akan segera merencanakan pembentukan Dewan Riset Daerah (DRD) di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng).

Ketua Dewan Riset Provinsi, H. Darmawan Yakoeb mengatakan, berdasarkan instruksi yang ada, hari ini Jumat (26/10/2018) pihaknya telah melakukan pertemuan khusus dengan Pemerintah Daerah Bengkulu Tengah, yang mana kata dia, pertemuan tersebut tidak lain dan tidak bukan untuk melakukan pembahasan mengenai rencana pembentukan Dewan riset Daerah.

“Menindaklanjuti hal tersebut kami coba koordinasikan kepada seluruh Bupati melalui Kepala Bappeda atau Barenlitbang untuk Kabupaten/Kota agar segera membentuk dewan riset daerah. Alhamdulillah secara serentak sosialisasi ini akan kita selesaikan dalam minggu ini,” ujar Darmawan.

Ia menuturkan, adapun maksud dan tujuan dari Dewan Riset Daerah merupakan bentuk mitra kerja daripada Kepala Daerah yang dalam hal ini Walikota, Bupati maupun Gubernur dalam membantu pengambilan keputusan ataupun kebijakan.

“Yang tentunya terlebih dahulu sebelum adanya kebijakan-kebijakan yang diambil oleh Bupati, Walikota dan Gubernur untuk dikaji terlebih dahulu dan setelah itu barulah dikerjasamakan dengan OPD masing-masing sesuai dengan bidang tugasnya,” jelas Darmawan.

Ia menuturkan begitu selesai dilakukan kajian, selanjutnya barulah kajian tersebut disampaikan oleh masing-masing Kepala Daerah melalui Barenlitbang untuk mengambil kebijakan-kebijakan yang untuk kedepannya.

“Agar hal-hal yang tidak di inginkan tidak terjadi. Itulah inti maksud dari kedatangan kami,” tegas Darmawan.

Terpisah Kepala Dinas Barenlitbang Benteng, Elyandes Kori mengatakan, terkait perihal pembentukan reses dirinya mewakili Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi apa yang direncanakan oleh Dewan Riset Provinsi.

“Saya dan Pemerintah Daerah sangat berterima kasih atas usulan ini, dan kedepan sesuai wacana dari Dewan Riset Nasional kita Pemerintah Daerah akan segera membentuk Dewan riset seperti yang dikatakan bapak Darmawan Yakoeb,” ungkap Andes.

Dengan demikian terang Andes, kedepan apabila Dewan Riset ini sudah terbentuk, pihak Pemerintah Daerah pastinya akan semakin mudah dalam mengambil kebijakan melalui Kajian yang diambil dari Dewan Riset nantinya.

“Kalau adanya riset, masalah-masalah yang kita hadapi selama ini, kedepan akan lebih aman untuk dilaksanakan. Karena dewan riset daerah ini salah satu fungsi ya untuk itu. Jadi membuat kajian khusus yang kebijakan yang bersifat publik. Jadi semua keputusan Bupati nanti akan kita kaji melalui dewan riset daerah,” demikian Andes. (Tim)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *