Adanya Perbedaan Data, BPS Gelar Seminar

BENGKULU TENGAH – Badan Pusat Statistik (BPS) Bengkulu Tengah (Benteng) bekerja sama dengan BPS Provinsi Kamis pagi (27/09/2018) menggelar seminar hari Statistik di aula Balai Sindu Desa Kembang Seri Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah.

Kegiatan yang dihadiri Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersebut dilakukan untuk menyesuaikan beberapa data di setiap OPD yang dianggap ada perbedaan dengan data yang ada di BPS.

“Disini ada perbedaan data antara OPD dengan BPS, dan maksud kegiatan ini ya tak lain menghimpun data-data yang ada di masing-masing OPD atau sektoral agar bisa dihimpun dalam satu wadah untuk disandingkan dengan data-data yang ada di BPS,” ujar Dyah Anugrah Kuswardani, MA Kepala BPS Provinsi.

“Dan itu dihimpun dalam satu data yang disebut dengan portal data,” ujarnya lagi.

Disampaikan dia, intinya dengan adanya kesamaan data dari pihak OPD maupun BPS, kedepan tidak adanya permasalahan yang terjadi seperti halnya data kemiskinan maupun data lainya.

“Maka dari itulah kita lakukan penyamaan data supaya setiap OPD bisa memberikan datanya secara benar dan transparan,” tegas Dyah.

Terpisah Kepala BPS Benteng Teguh Iman Santoso, mengatakan terkait portal data yang dibuat oleh Kementerian itu memang merupakan program rancangan Nasional (Pusat).

“Memang pada Akhirnya tiap-tiap provinsi dan kabupaten akan terus melakukan pembuatan portal yang sama. Harapannya jika portal sudah terbentuk, SKPD ataupun masyarakat yang ingin mengakses data di provinsi atau kabupaten menjadi lebih mudah,” ungkap Iman.

Dia mengungkapkan terkait portal data, untuk diketahui Bengkulu Tengah masih sangat jauh dari harapan.

“Semuanya masih berbentuk cita-cita. Karena kalau kita lihat dari SDM-
nya Benteng masih jauh dari anggaran,” pungkas Iman. (Tim)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *