Rakor DAK oleh BKD, Bupati Himbau OPD Gunakan DAK Dengan Baik

BENGKULU TENGAH – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) dalam hal ini Badan Keuangan Daerah (BKD) menggelar Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pelaksanaan Dana Alokasi Khusus (DAK), di aula Balai Sindu, Desa Kembang Seri, Kecamatan Talang Empat, Selasa (27/02/2018).

Rapat Koordinasi BKD yang dihadiri oleh Bupati Bengkulu Tengah Dr. H. Ferry Ramli, SH, MH, dan perwakilan KPPN Provinsi Bengkulu itu, membahas mengenai pencairan anggaran DAK, di beberapa OPD yang ada.

Yang mana, dalam acara tersebut, Bupati menegaskan kepada seluruh OPD untuk dapat menggunakan DAK dengan baik sesuai dengan Petunjuk Pelaksana (Juklak) dan Petunjuk Teknis (Juknis). Dan itu bertujuan untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan atau pelanggaran.

“Saya harap semua OPD wajib memahami aturan yang ada. Serta pelajari juklak dan juknisnya,” pesan Ferry, Selasa (27/02/2018).

Tak hanya itu ia menjelaskan, adapun hasil pembangunan yang dilakukan melalui DAK ini nantinya, dapat dilakukan secara maksimal sehingga bermanfaat bagi seluruh Masyarakat di Kabupaten yang memiliki moto “Maroba Kite Maju” ini.

“Jika Dana ini dapat digunakan sebaik mungkin, maka hasilnya akan bermanfaat bagi masyarakat kita di Kabupaten ini, serta tak lupa memperhatikan mutu dan kualitasnya,” ujarnya.

Sementara, saat dikonfirmasi terpisah Sekretaris Badan Keuangan Daerah (BKD) Benteng, Welldo Kurniyanto, SE, M.Si melalui Kabid Perbendaharaanya, yakni Agung mengatakan, terkait penyaluran DAK tersebut nantinya, itu akan dilakukan secara bertahap (Tiga Tahap), sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 112/PMK.07/2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 50/PMK.07/2017 tentang Pengelolaan Transfer ke Daerah dan Dana Desa.

Dijelaskan dia, untuk tahap pertama dilakukan pada bulan Februari hingga Juli mendatang, dengan penyaluran sebesar 25 persen dari jumlah dana tersebut. Kemudian Tahap kedua yakni April hingga Oktober, dengan penyaluran sebesar 45 persen serta tahap ketiga penyaluran dari sisa tahap I dan II.

“Untuk tahap I dilampirkan APBD dan realisasi penyerapan DAK pada tahun lalu. Begitu juga untuk penyaluran tahap selanjutnya,” pungkas Agung. (tim)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *