Musrenbangcam Karang Tinggi, Beberapa Usulan di Verifikasi Kembali

BENGKULU TENGAH – Seperti Musrembang di Kecamatan lainnya, Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam) Desa Ujung Karang Kecamatan Karang Tinggi Bengkulu Tengah (Benteng), Jumat (23/02/2018), hampir semua Desa yang ada ikut mengusulkan pembangunan yang sama, yakni pembangunan infrastruktur jalan.

“Iya terima kasih terhadap pihak Kecamatan Karang Tinggi hari ini, karena masyarakat dapat melaksanakan Musyawarah terkait rencana pembangunan ditahun 2019,” kata Sekretaris Daerah Drs. H. Muzakir Hamidi, Jumat (23/02/2018).

Dari pertemuan tadi ujar Muzakir, memang banyak sekali dari pihak Desa maupun BPD yang mengusulkan beberapa infrastruktur di Desa mereka (Masyarakat) masing – masing.

“Ya untuk usulan sendiri masih sisi infrastruktur. Dan itu memang salah satu visi dan misi Bupati terpilih yang dituangkan dalam RPJMD 2012 – 2022. Dan semuanya sudah kita inventarisasi oleh Barenlitbang yang nanti hasilnya berupa RKPT tahun 2019,” ujar Muzakir.

Sementara itu terkait usulan tersebut, Anggota DPRD Bengkulu Tengah, M. Nasir menambahkan, seperti yang disampaikan Sekda bagi usulan yang belum terdaftar, nantinya dapat di cover pada tahun 2019 mendatang.

“Saat ini sistemnya sudah berbeda-beda dengan dulu, kalau dulu kan nunggu usulan masuk. Sedangkan sekarang begitu usulan langsung dilakukan pelayanan oleh yang bersangkutan. Kalau memang nanti tidak terakomodir dengan anggaran yang kecil ini kemungkinan 2019 baru terakomodir,” jelas Nasir.

Terpisah Camat Karang Tinggi, Tamsiruddin menuturkan, dari 18 Desa yang ada semuanya sudah melakukan usulan – usulan yang sebelumnya sudah disusun dalam Musrembang tingkat Desa (Musrenbangdes).

Untuk usulan sendiri bervariasi, mulai dari usulan infrastruktur hingga pertanian, yang dalam hal ini yakni pengusulan berbagai jenis bibit.

“Untuk usulan infrastruktur yaitu pengaspalan maupun pengerasan jalan. Bahkan ada juga meminta untuk lampu penerangan jalan di Desa masing – masing yang dinilai masih belum maksimal. Sementara untuk bibit ada yang meminta bantuan bibit sawit ada juga bantuan bibit karet dan lainnya,” ungkap Tamsiruddin.

Ia menambahkan, semua usulan yang ada dari pihak Desa sudah diajukan semua, tinggal lagi pihak Kecamatan melakukan verifikasi kembali atas usulan yang diterima. Kemudian baru disampaikan ke Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang). (tim)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *