Terpilih Sebagai Wahana Program Internship Kedokteran, Bupati Benteng Sambut Baik ke 12 Peserta

BENGKULU TENGAH – Sebagai proses untuk mendapatkan sertifikat sekaligus izin resmi untuk membuka tempat praktek, beberapa mahasiswa kelulusan universitas kedokteran yang ada diwajibkan mengikuti program Internship Kedokteran Indonesia di berbagai puskesmas maupun RS yang ada di semua Provinsi, Tak terkecuali Provinsi Bengkulu sendiri.

Untuk program tersebut, beberapa RS maupun Puskesmas di Bengkulu turut mengambil alih sebagai wahana tempat mengabdinya para dokter muda dari berbagai Universitas Kedokteran yang ada di berbagai Daerah. Salah satunya yakni RSUD di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng).

“Sesuai aturan yang diwajibkan, dokter itu harus mengikuti program internsip,” ujar Ketua Komite Internship Dokter Indonesia (KIDI) Provinsi Bengkulu, Dr. Hamza, Selasa (13/02/2018).

“Dan untuk RSUD maupun Puskesmas di Benteng saat ini, ada 12 orang yang mengikuti program Internship tersebut. Masing-masing ada dari Universitas Riau, ada dari Methodist Medan, ada dari UNTAR, Unang, UNS, UKDW dan Universitas Bengkulu,” imbuhnya.

Disampaikan Hamza, program seperti ini sebelumnya semua Negara sudah melakukan program internship tersebut. Hanya saja untuk Indonesia belum dilakukan.

“Makanya ditahun 2013 telah di buat Undang – undang seperti itu. Sehingga kita bisa mengikuti sama seperti diluar Negeri,” papar Hamza.

Adapun ke 12 (dua belas) Dokter tersebut nantinya akan ditempatkan di dua tempat berbeda, yakni 6 orang di RSUD Benteng, sedangkan 6 orang sisanya di tempatkan di Puskesmas Pekik Nyaring Kecamatan Pondok Kelapa.

“Untuk sistem penempatan itu terpisah menjadi dua bagian. Ada di RSUD dan ada di Puskesmas. Nantinya kedua belas orang ini akan di roling selama satu tahun. 8 bulan di RSUD 4 Bulan di Puskesmas,” terang Hamza lagi.

Nanti apabila 12 Doktor ini sudah selesai, maka selanjutnya akan diganti dengan kelulusan yang baru.

Sementara itu pada sambutanya terhadap ke dua belas Doktor tersebut, Bupati Bengkulu Tengah, Dr. H. Ferry Ramli, SH, MH sangat mengapresiasi dan menyambut baik kedatangan mereka (para dokter) dalam program Internship Kedokteran Indonesia.

” Selamat datang, yang betah ya disini,” sapa Bupati, sambil menyalami para dokter program internship tersebut.

Tak hanya itu, dikarenakan Kabupaten Benteng baru kali pertama menjadi wahana dalam program Kedokteran Indonesia, ia meminta kepada Sekretaris Daerah (Sekda) agar kedepan menyiapkan fasilitas pendukung program tersebut.

“Sementara ini kita belum ada anggaran. Karena Benteng baru pertama kali. Kedepan kita coba anggarkan,” pungkas Bupati. (tim)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *