Pantau Situasi, Pemkab Benteng Pasang CCTV di 5 Kecamatan

BENGKULU TENGAH – Untuk menciptakan kondisi aman dan kondusif, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) bekerja sama dengan pihak kepolisian telah melakukan pemasangan kamera pengintai CCTV (Closed Circuit Television) yang tersebar di 5 titik lokasi berbeda.

Adapun 5 titik lokasi yang dipasang CCTV tersebut masing – masing mencakup, yakni di Kelurahan Taba Penanjung Kecamatan Taba Penanjung, Simpang SPBU Desa Kembang Seri Kecamatan Talang Empat, Simpang 3 Desa Pasar Pedati Kecamatan Pondok Kelapa, depan kantor Bupati Benteng dan Desa Nakau Kecamatan Talang Empat.

“Alhamdulillah, informasi dan teknologi (IT) di Kabupaten Benteng saat ini sudah sangat berkembang. Beberapa ruas jalan yang dianggap strategis sudah dipasang kamera CCTV,” kata Bupati Benteng, Dr. H Ferry Ramli, SH, MH saat launching penggunaan CCTV sekaligus teleconference bersama Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol Drs. Coki Manurung SH, M.Hum, Kamis (1/02/2018).

Dengan dipasangnya camera CCTV ini, kata Bupati, kedepan ia berharap aktivitas kejahatan dan seluruh lalu lintas di jalan raya di Kabupaten Benteng bisa terpantau dan terekam secara langsung. Baik itu oleh Pemda Kabupaten Benteng, Polda Bengkulu dan Polres Kabupaten Bengkulu Utara (BU).

“Untuk aksesnya kami serahkan ke Polda Bengkulu. Aplikasinya, mereka yang pegang,” terang Ferry.

Sementara hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Benteng, H. Eri Astiansyah, MM, melalui Kabid Kominfo, Lili Kartika Sari, M.Si

Dijelaskannya, untuk pengadaan CCTV ini dilakukan dengan menggunakan kucuran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Benteng tahun 2017 lalu.

Sebagai bukti keseriusan dalam mendukung aparat penegak hukum (APH) mengawasi lalu lintas, Lili mengungkapkan bahwa Pemda Kabupaten Benteng ditahun 2018 ini kembali akan menambah 5 unit CCTV yang tersebar di lokasi berbeda.

“Melalui dana APBD Kabupaten Benteng Tahun 2018, kita akan menambah CCTV sebanyak 5 unit lagi. Akan tetapi, lokasi pemasangannya belum bisa kita tentukan lantaran masih akan dibahas terlebih dahulu,” ujarnya.

Terpisah, melalui telekonferensi pertemuan berbasis elektronik secara langsung (live), Kapolda Bengkulu secara terbuka memberikan pujian kepada Pemda Kabupaten Benteng yang telah mampu memasang CCTV dan melakukan koordinasi melalui telekonferensi .

” Terkhusus untuk Provinsi Bengkulu saat ini saya akui baru Pemerintah Kabupaten Benteng yang telah melakukan telekonferensi bersama Polda Bengkulu. Kami harap, ini bisa menjadi contoh oleh Pemprov, Pemkot dan Kabupaten lainnya. Dan kami berikan apresiasi kepada Pemda Benteng yang telah memasang kamera CCTV pada jalur lintas,” pujinya. (tim)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *