Penjajakan Lokasi PKL Taruna STIS Jakarta

BENGKULU TENGAH – Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STIS, DR. Hardius Usman didampingi Kepala BPS Provinsi Bengkulu melakukan penjajakan untuk lokasi PKL Taruna Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) Jakarta, rombongan disambut oleh Wakil Bupati Septi Peryadi dan Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkulu Tengah Mudzakir Hamidi.

BPS memiliki sekolah yang menempa putra putri terbaik dari seluruh Indonesia. Dari sekian puluh ribu pendaftar di setiap tahunnya, hanya 500 orang yang diterima untuk belajar di Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS). Lulusan STIS tidak hanya bekerja di BPS, namun juga banyak yang mengisi jabatan-jabatan tinggi di Kementerian dan Lembaga.

Taruna STIS dididik untuk memiliki kompetensi mengaplikasikan statistik dan memiliki dua jurusan yaitu Jurusan Statistika (Ekonomi dan Sosial) dan Jurusan Komputasi Statistik. STIS adalah sekolah berikatan dinas dengan masa perkuliahan 4 (empat) tahun. Taruna dibebaskan dari biaya perkuliahan dan setiap bulan mendapatkan uang saku. Lulusan STIS akan bekerja sebagai ASN sesuai ketentuan berlaku.

Kedatangan Taruna STIS ke Bengkulu Tengah untuk menerapkan ilmu yang didapat, bisa menjadi kesan yang tak terlupakan ketika para taruna ini kelak menjadi pemimpin ASN masa depan.

PKL Taruna STIS yang akan dilakukan di seluruh Kabupaten Kota di Provinsi Bengkulu ini mengambil tema penanganan Kemiskinan ditinjau beberapa segi yaitu Produktifitas dan Upah, Karakteristik Petani dan Nelayan, Subjektif dan Multidimensional Poverty, Determinan Kemiskinan serta Kapabilitas dan Individu Rumah Tangga Miskin.

Periode penelitian ini dilaksanakan pada pertengahan Februari hingga awal Maret 2018. Jumlah Taruna STIS yana akan datang ke Bengkulu beserta dosen adalah sekitar 600 (enam ratus) orang. Mereka akan diterima oleh Gubernur Bengkulu untuk dilepas ke masing-masing lokasi penelitian.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *